Membuat Blog Lebih SEO

Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau yang sering disingkat SEO.Ini adalah hal yang sangat penting bagi kelangsungan website atau blog kita, agar blog kita bisa terpampang di halaman pertama google dan makin banyak pengunjung yang datang ke blog milik kita.Karena jika blog kita sudah memiliki banyak pengunjung bukan tidak mungkin akan menjadi lumbung uang yang menambah pemasukan kita, jadi saya akan membagikan beberapa trik untuk membuat blog sobat jadi lebih SEO.


1. Cobalah Untuk Tampilkan Related Post
Related post atau artikel terkait sangat penting di dalam blog kita, karena akan memudahkan pembaca blog sobat mencari artikel yang sedang ia cari,dan akan membuat pembaca blog sobat menjadi lebih betah dan bukan tidak mungkin akan mampir lagi di lain waktu :).
Untuk tutorial memasang Related Post/Artikel Terkait bisa dilihat pada link di bawah ini
--- Cara Memasang Artikel Terkait ---

2. Memasang Meta Tag SEO
Meta tag sangat penting dalam blog dan di setiap template yang sobat pakai biasanya sudah ada meta tag nya, tapi tidak ada salahnya mengganti meta tag default tersebut dengan yang lebih SEO.
Untuk tutorial memasang meta tag SEO caranya bisa dilihat pada link di bawah ini
--- Cara Memasang Meta Tag SEO ---

3.Memasang Title Tag
Ini sangat berguna untuk meningkatkan ranking SERP pada blog kita, cobalah untuk menambahkan title tag pada template kalian.
Caranya ...:

• Buka Edit HTML pada template blogger sobat
• Kemudian carilah script
<title><data:blog.pageTitle/></title>
• Kalau sudah ketemu ganti dengan script berikut
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
    <title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
    <b:else/>
    <title><data:blog.pageTitle/> | Learn And Sharing</title>
    </b:if>

4.Menambahkan Canonical
Ini sangat penting guna menghindari konten yang berganda, hal yang sangat tidak disukai oleh search engine karena mereka menganggap itu spam.
Caranya...:

• Cari kode <head>
• Copy dan paste script berikut di bawah kode nya
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>

Itulah trik SEO yang bisa saya berikan, semoga ini bisa membuat blog sobat blogger menjadi lebih SEO dan semakin ramai oleh pengunjung.Semoga memberikan manfaat bagi sobat blogger semua.Kalau ada koreksi atau belum paham silahkan berkomentar ... Terima kasih.
"Kritik dan saran yang membangun akan selalu saya harapkan agar bisa lebih baik kedepannya"

2 komentar

wah tutor yang sangat bermanfaat nih,makasih infonya sob .oya sobat juga dapat membaca cara menguji blog seo dan valid html5 di:http://wongcungkup.blogspot.com/2013/10/3-cara-mengujicektemplate-blog-seo.html

Reply

Iya sama-sama sob, cara menguji blog seo nya juga bagus biar bisa ditindak lanjuti kalau ada yang kurang di dalam blog nya

Reply

Posting Komentar